Monday, January 12, 2009

Ride for Peace, keliling dunia menggunakan motor

Semalam sekitar pukul sebelas saya nonton tvOne, sebuah acara yang dipandu Farhan ini membahas tentang seseorang yang keliling dunia dengan menggunakan motor sendirian, misi ini dinamakan ride for peace. Sang biker nekat tersebut adalah Jeffry Polnaja atau kerab dipanggil bro JJ. Dengan menggunakan motor BMW R1150GS kapasitas mesin 1150 dia telah melintasi 72 negara , 3 benua dan menghabiskan waktu lebih dari 2 tahun,wow.


Berbagai pengalaman seru dialami oleh bro JJ ini, berkali-kali nyawanya terancam karena hampir mengalami kecelakaan maupun bahaya tembakan di daerah konflik, saat diwawancarai dia mengaku pernah dihadang oleh barikade pasukan bersenjata lengkap di suatu daerah konflik, akan tetapi ia menjelaskan bahwa ia sedang dalam misi perdamaian keliling dunia, dan akhirnya malah berteman dengan orang2 yang akan menembakinya tadi. Banyak bantuan yang diberikan kepada bro JJ oleh para penduduk lokal yang bersimpati kepadanya, mulai dari bantuan makanan, minuman sampai penginapan hotel seharga $3000. hoho.


Bro JJ ini memang dikenal sebagai biker tangguh, pada tahun 1996 ia terpilih menjadi “Captain Marlboro Adventure Team” (MAT) di Utah, Amerika Serikat. Disetiap negara yang disinggahi kerap mendapat sambutan yang meriah, kerap kali bro JJ diliput media masa setempat dan bahkan diajak untuk talkshow di suatu stasiun TV. Bro JJ berangkat pada bulan April 2007 dan berakhir pada tanggal 30 November 2008. Kabarnya ia akan melanjutkan etape keduanya setelah beristirahat selama setahun dan perjalannya diperkirakan berakhir pada tahun 2011. Salut deh buat bro JJ yang telah membawa nama baik Indonesia sampe berbagai belahan dunia dalam misi perdamaian ini...two thumbs up!!!

No comments: